Thursday, January 17, 2013

Nenek Gaul, depan rumah


Ini cerita tentang seorang nenek uzur yang tinggal di depan rumah kontrakkan saya
Jadi sejak kurang lebih 5 bulan yang lalu, sambil menunggu rumah direnovasi
Saya dan orangtua saya mengungsi ke rumah kontrakkan sementara kami
Letaknya gak jauh, hanya kurang lebih 100 meter dari rumah

Jadilah sekarang kita menempati rumah kontrakkan mungil untuk 6 bulan kedepan
Nah, namanya juga rumah kontrakkan
Landscapenya ya sama lah seperti rumah kontrakkan pada umumnya
Rumahnya tersusun rapi memanjang dari kanan ke kiri
Dan gak jarang didepannya ada juga deretan kontrakkan lainnya

Nah! tepat didepan rumah saya (gak tepat didepan juga sih, agak serong ke kanan lah)
Ada satu kontrakkan yang dihuni sama nenek-nenek jompo
Awalnya sih kami sekeluarga gak begitu menyadari kehadiran si nenek ini
Tapi lama-lama ini nenek punya banyak polah. Ini ada beberapa diantaranya.

Umurnya sekitar 70 an kali ya
Udah jompo banget, giginya juga udah hampir gak ada
Pakaiannya selalu pakai kebaya dan kain untuk bawahannya
Rambutnya yang sudah putih semua itu dicepol ala kadarnya
Badannya sudah bungkuk, namun masih kuat jalan jauh

Dengan logat betawi yang sangat medok, suaranya seringkali kita dengar dari dalam rumah
Pertemuan pertama kali keluarga kami dengan dia itu berawal disore hari
Karena pintu depan rumah terbuka, maka dengan tidak sengaja si nenek 'bertamu' ke rumah kami
Mulai deh, keanehan dimulai.

nenek : 'lagi ngapain bu?'
mama : 'lagi santai aja nek, nonton tivi nih'
nenek : 'oh nonton tivi, enak ya..'

terus mulai ngobrol ngarol-ngidul sama nyokap, sehingga sampailah ke percakapan absurd sore itu

mama : 'nenek berapa kali nikah?'
nenek : 'gw mah 3 kali..'
mama : 'kapan tuh nikahnya?' (sumpah ini nyokap gw iseng banget yaaa)
nenek : 'nah, mana gw inget.. dari jaman Belanda disini juga guwa udah nikah..'
gw : 'HWUEEEH?!'

Mulai sejak saat itu, si nenek mulai suka main-main ke ruman kita 
Dan kita sekeluarga mulai tau kebiasaan dan hobi makan dia
Jadi dia tuh suka banget ngemil
Dia paling suka makan kerupuk apapun jenisnya
Oiya dia juga suka keripik singkong Kusuka atau Qtela, karena menurut dia itu enak (micin kali nek)
Camilan si nenek :


keripik singkong juga boleh

kerupuk udang














Trus dia paling suka minum air dingin, dingin ya bukan panas
Kalo minum kopi, kopinya harus manis dan biasanya dia minum kopi sama ampasnya (eeewww)
Terus kalo bikinin dia kopi jangan lupa kasih dia TESI.. iya TESI alias sendok kecil itu lhooo



Pernah satu waktu bokap gw yang buatin dia kopi dan lupa kasih dia sendok kecil.
Dia komen gini, ke bokap gw :
nenek : 'eh tong mana tesinya.. loe tau gak tesi apaan? itu sendok KECIL..!'

kopi item sama TESI!


Asli ngakak gw dengernya. HAHAHAHAHA
Nenek Aneh.

Selain kebiasaan ngemil dia yang kita udah hapal.
Ternyata dia itu gaul banget sama kabar-kabar terupdate warga sini
Mulai dari anaknya si ini, si anu yang kemarin nikahan (dia tau)
Keponakkan si nganu, si itu yang ikut arisan di rumah si ibu ini (dia tau)
Sampe gosip terkini orang sini dia juga tau
Gile.

Kalo kata nyokap gw :
'ini si nenek okem juga ya, semua kabar dia tau.. pasti dulu mudanya suka ngegosip deh..'

Ya begitu lah, itu nenek sampe sekarang masih suka mampir ke rumah
Sekedar buat nonton tivi atau ngopi sore hari plus jangan lupa cemilan kerupuknya











No comments:

Post a Comment